Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stories of Copenhagen, The Happiest People on the World

Nyhavn
Nyhavn, pelabuhan cantik yang meupakan asal muasal Copenhagen

Flexicurity

Denmark dan beberapa negara Scandinavian lainnya ( Finland, Norway dan Iceland ) berdasarkan banyak riset, termasuk negara yang secara statistik dianggap memiliki kebahagiaan diatas rata-rata penduduk dunia lainnya.

Saya mengutip keterangan James dan Laura dari Sandersman Tour, terkait hasil riset urutan penduduk paling berbahagia selama beberapa tahun terakhir, sebagai berikut :
1. Finland
2. Norway
3. Iceland
4. Denmark

Swedia sendiri sebagai negara tetangga masuk ke peringat diatas nomor 10 (urutan 14 kalau tidak salah kutip) yang mana membuat warga Denmark sangat berbahagia. 
Saya rasa diantara Swedia dan Denmark pasti ada luka lama yang masih terjaga hingga kini 😀.

Pertanyaannya, apa yang membuat warga Denmark dianggap lebih berbahagia, dibanding warga Indonesia misalnya?
Berikut rangkuman dari uraian James dan Laura :

1. Flexicurity
20% warga Denmark dalam rentang usia 15 sd 64 tahun memperoleh tunjangan hidup dari pemerintah. James tidak menyebut jumlahnya. Tetapi dari jumlah yang cukup murah hati itu, hampir dipastikan mereka semua bisa hidup layak. 
Tunjangan dari pemerintah mencukupi untuk membayar sewa tempat tinggal, makan dan minum serta kebutuhan pribadi lain. Kebanyakan mereka bekerja part time untuk memperoleh tambahan dana agar dapat makan di resto, alih-alih memasak, atau menabung untuk bisa keliling dunia!
What a perfect life 😀

Tentu saja tidak semua negara mampu memberikan tunjangan yang besar bagi seluruh warganya. Yang jelas kekayaan negara dan jumlah penduduk serta luasan wilayah berpengaruh besar dalam terwujudnya opsi ini.

Suatu saat, Negara Indonesia mampu melakukan hal ini untuk warganya.
Amin!

Posting Komentar untuk "Stories of Copenhagen, The Happiest People on the World"