Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Riga, Latvia

 Riga, Kekayaan Arsitektur yang Melegenda

The House of Blackheads, Riga
Add caption


"Riga itu dimana Cha?"

Demikian pertanyaan beberapa teman, saat saya memposting foto-foto dengan latar Oldtown Riga.  

Belum banyak yang tahu bahwa Riga, ibukota Latvia, merupakan satu dari tiga negara yang terletak di kawasan Baltic, yang merupakan pecahan dari Uni Soviet. Dua yang lain adalah Estonia dan Lithuania

Negara ini pernah berada dibawah kekuasaan Jerman, Swedia, Kerajaan Russia, berada dalam pendudukan NAZI dan terakhir masuk sebagai bagian dari Negara Uni Soviet. Latvia mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 21 Agustus 1991.

Sejarah yang dipenuhi dengan pendudukan dari banyak negara ini, membuat Latvia memiliki ragam tradisi bawaan yang bercampur dengan budaya lokal. Salah satu pengaruh nyata adalah kekayaan corak arsitektur Latvia yang beragam. Inilah keunggulan Latvia dimana masih banyak bangunan indah berbagai aliran menghiasi kota terbesar di kawasan Baltic itu. 

Sebagian besar bangunan bersejarah terletak di Vecrīga, sebutan untuk kota lama yang menjadi destinasi wisata andalan negara ini. Vecrìga yang terletak di tepi Sungai Daugava merekam jejak sejarah arsitektur Latvia dalam aneka bangunannya. Area Vecrīga dihubungkan dengan jalan berbatu cobalt yang sangat mencerminkan masa abad pertengahan. Jalur bak labirin yang berkelok-kelok itu disebut iela. 

Aneka bangunan bergaya Medieval, Gothic, Rennaissance, Classic, maupun Art Nouveau berderet di sepanjang sisinya, membawa kita seolah kembali ke era abad pertengahan. Bisa diduga, Vecrìga merupakan salah satu bagian dari Unesco World Heritage.

Saat ini sebagian besar bangunan bersejarah dialihfungsikan sebagai restoran, cafe, hotel, pertokoan dan galeri, yang membuat suasana kota tua makin meriah sarat kehidupan.

Saya menyimpan foto beberapa landmark terkenal yang terdapat di Vecrìga. Siapa tahu kelak bisa dijadikan acuan saat berkesempatan mengunjungi Riga.Atau, sementara bisa dinikmati dahulu secara virtual sebagai penawar kebosanan semasa stay at home jadi kewajiban.

Sabar dulu ya. Keep calm, and...


Check it out 😁


#riga

#latvia

#winterholiday

#ichavisitriga

#europe

#beautifuldestinations

#baltic

#anekakenanganicha

#vecrìga



House

Posting Komentar untuk "Riga, Latvia"