Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

New York Cafe, Budapest, The Most Beautiful Cafe in The World


Saat mempersiapkan trip East Europe tahun 2014 saya jadi tahu ada cafe cantik di Budapest yang konon dijuluki sebagai The most beautiful cafe in the world. Sayangnya saat sampai di Budapest, cuaca autum yang dingin banget membuat sebagian besar dari kami terserang flu. Kami gagal mengunjunginya dan memutuskan tidur lebih awal untuk memperbaiki kondisi tubuh.

Saya beuntung datang lagi tahun 2018 , dan bersikeras mampir sekedar minum coklat panas dan mencicip kudapan cantik yang dipasang fotonya di web site mereka. 

Sungguh menggoda. 

Apa daya pengalaman 4 tahun lalu hampir terulang. Kami juga kecapekan setelah klenongan seharian di old town Bratislava. 

Tapi demi membuktikan gambar-gambar indah New York Cafe yang terpampang di website, kami memutuskan untuk nekat menyaksikan dengan mata kepala sendiri 

"Se epic apa sih, New York Cafe itu ?"

Karena tidak ada uber di Budapest, kami naik 2 taxi hotel kesana. Taxi di Eropa tahu sendiri harganya. 1 taxi pp jarak dekat setara Rp. 300.000. Tapi ya sudahlaaah, walau perut buncit dan semestinya bisa langsingan dikit dengan jalan kaki menuju cafe, tetap saja kami milih naik taxi.

Princess hanya jalan kaki kalau enggak ada pilihan lain ya ladieeessss...

Tanpa reservasi, kami harus antri kurang lebih 30 menit. Semua turis main kesini sepertinya. Menyimpan yang terindah di akhir perjalanan. Untung saja line antrian tidak terlalu panjang, tidak sampai 30 menit kami sudah mendapatkan tempat duduk. Lain kali bisa reservasi dulu disini ya www.newyorkcafe.hu

Karena kami datang ber enam, meja kursi kami dijadikan 2 bagian terpisah.

" Jarang-jarang orang kesini dalam rombongan kayak kamu", kata abang waiter yang ganteng. 

Belum tahu dia semboyan negara kami, "Makan ga makan asal ngumpul".

Acara chit chat jadi agak terganggu karena tiap mau ngobrol mesti teriak - teriak kayak Tarzan. Enggak princessy banget deh ah.


Tetapi di New York Cafe kita memang tidak butuh ngobrol. Jelas semua orang datang untuk menikmati keindahan bangunan bergaya Renaissance yang keemasan itu. 


New York Cafe saat ini adalah bagian dari hotel mewah dengan nama sama, New York  Palace Budapest. Bangunan ini dibuka kali pertama tahun 1894. Letaknya di kawasan
 utama 1073 Budapest Erzs├ębet krt 9-11.

Jika melihat suasana di dalam yang mewah penuh gemerlap cahaya keemasan bahkan ada yang menyamakannya dengan Istana Versailles, tidak ada seorangpun yang akan mengira tempat ini pernah setengah hancur di jaman perang dunia dan sempat difungsikan sebagai toko peralatan olahraga. 

New York Cafe dipugar tahun1954, berubah namanya menjadi The Hungaria, sebelum kembali menggunakan namanya yang legendaris tahun 2006.

Makan apa jadinya kami ber enam?

Seperti biasa acara makan jadi opsi ke dua. Yang ada, kami foto - fotoan sambil nyemil.  Harganya ? Ya mahalan, tapi sekali - sekali dipalak sama bule eropa nggak papalah ya, resiko jadi turis ini. Kalau apa - apa dihitung, yang ada malah enggak ketelen. 



FYI cafe ini menyediakan Hungarian foods seperti Beef Goulash ( semacam semur daging ), Fisherman soup ( sop bening ) dan juga aneka steak, salad dan hidangan penutup yang cantik dan lezat. 

Kita bisa membayar dalam mata uang Huf atau Euro. Konon dengan Huf lebih murah jika dirupiahkan.

Kami sendiri hanya makan aneka kudapan yang cantik plus es limun yang cukup terkenal ( di sebagian besar meja yang terisi, ada minuman ini di atasnya ). Lalu tentu saja menghabiskan sisa waktu untuk menikmati keindahan sekeliling mulai dari lantai, dinding, tirai dan langit-langit yang semuanya indah.

Jadi demikianlah, sila nikmati foto - foto interior The New York Cafe yang indah ini. Jika suka, segeralah bikin afirmasi untuk bisa duduk - duduk tjantik sambil makan malam disana. Sekalian afirmasi juga nginepnya di Hotel sebelahnya, pasti cetarrrr membahana.


Jangan lupa ajak - ajak saya ya!


Posting Komentar untuk "New York Cafe, Budapest, The Most Beautiful Cafe in The World"